Sunday, January 30, 2011

Honda Tarik 1,35 juta Unit Jazz


TOKYO- Pemberitaan penarikan kembali mobil Honda masih berlanjut, setelah belum lama ini pabrikan asal Jepang tersebut menarik produk Accord dan CRV karena masalah kebocoran oli mesin. Kini Honda dikabarkan akan menarik hingga satu juta unit Fit atau biasa disebut Jazz.

Seperti dilansir Autoevolution, Jumat (17/12/2010) Honda terpaksa menarik produk hatchback andalannya tersebut karena telah ditemukan masalah pada kabel lampu utama (head lamp).

Dalam pernyataannya Honda menyebut akan segera menarik kembali sebanyak 1,35 juta unit, dengan rincian 735 ribu unit berada di Jepang, 143 ribu unit di Amerika Serikat, dan sisanya tersebar di timur tengah, Afrika, serta Asia.

“Kendaraan bisa kehilangan fungsi low-beam pada lampu depan, karena masalah dengan kabel pada switch kontrol lampu. Lebih spesifik lagi, lapisan pada konektor kabel harness untuk sirkuit low-beam dapat aus setelah penggunaan berulang,” tulisnya.

“Plating pada konektor bisa mengakibatkan korosi dan menyebabkan konektor terlalu panas dan rusak, sehingga kehilangan fungsi low-beam,” tulis laman Autoevolution. Namun Honda menjelaskan bahwa fungsi lampu high-beam masih dapat berfungsi seperti biasa.

Honda menyebut, Jazz yang akan ditarik itu merupakan mobil yang diproduksi antara November 2007 hingga Oktober 2008, dan pemberitahuan kepada pelanggan akan dimulai pada bulan Januari 2011.
Sebagai bentuk tanggung jawab, Honda mengharuskan para kepada para pelanggan untuk membawa mobilnya ke bengkel resmi terdekat untuk dilakukan pemeriksaan. Dan bila diperlukan dilakukan penggantian part yang rusak. Semua itu akan diberikan secara gratis.
Sebelumnya, pada bulan Januari Jazz atau Fit juga baru saja mengalami recall terkait kerusakan pada jendela yang rusak dan berpotensi kebakaran. Sudah ada 7 kasus yang terjadi di AS, dua diantaranya benar-benar mengalami kebakaran.

No comments:

Post a Comment